Reuni UNDIP : Tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Undip yang diterjunkan di Desa Karangasem, Kabupaten Batang memperkenalkan alat yang mereja sebut dengan Oil Water Separator (OWS) sebagai pencegahan dan penanggulangan tumpahan minyak di Sungai Sambong, Karangasem Utara, akhir pekan lalu.

Melalui keterangan pers kepada Tribun Jateng, Kamis (18/8/2016) salah satu anggota tim KKN, Bunga Trinata menjelaskan terdapat tiga Tempat Pelelangan Ikan (TPI) di Desa Karangasem Utara, diantaranya, TPI Klidang Lor, TPI Sampan, dan TPI Sigandu.

“Dengan banyaknya TPI tersebut banyak juga kapal nelayan yang bersandar, ketika bersandar mereka menyempatkan diri untuk melakukan pencucian tangki kapal dimana oli nya terbuang di sungai Sambong yang mengakibatkan pencemaran,” beber bunga dalam keterangan tertulisnya.

Bunga menambahkan, dengan OWS yang terpasang di kamar mesin, alat ini akan memisahkan minyak yang tercampur dengan air.

Bertempat di TPI Sampan, di bawah koordinasi Koperasi Makarebet, Mahasiswa Undip mengenalkan alat Oil Water Separator (OWS) kepada 20 orang nelayan. Bunga berharap, pengenalan ini bisa mengurangi pencemaran yang ada di sungai. (*)

sumber : tribunnews