Reuni UNDIP : Sabtu, 22 Oktober 2016 adalah hari pengumuman untuk juara, peringkat, dan perolehan medali pada ajang kompetisi paduan suara tingkat di dunia, 5th Canta Al Mar 2016 Festival Coral Internacional, Barcelona, Spain yang diikuti oleh tim Paduan Suara Mahasiswa Universitas Diponegoro (PSM UNDIP) sejak tanggal 19 Oktober 2016 yang lalu. Detik – detik pengumuman pun pada saat itu dapat diikuti live di laman Facebook dan timeline Twitter organisasi penyelenggara, INTERKULTUR.

Pada pukul 20.00 WIB, pengumuman dimulai dan beberapa nama juara diumumkan satu per satu, nama Diponegoro University Choir tertulis berhasil mendapatkan 2 gelar juara masing – masing di kategori Mixed Choir dan Sacred Music A Capella, serta mendapatkan peringkat ke-3 untuk kategori Folklore. Adapun dari 3 gelar tersebut, atas perolehan nilai yang tinggi, PSM UNDIP juga berhasil memborong 3 medali emas. Berikut adalah prestasi PSM UNDIP di Spanyol lebih lengkap :

  • 1st Winner of Sacred Music Category (Champion of Category) : Gold Medal
  • 1st Winner of Mixed Choir Difficulty Level 1 (Champion of Category) : Gold Medal
  • 3rd Winner of Folklore Category (Gold Diploma Level 4)   : Gold Medal

Prestasi PSM UNDIP ini telah menunjukan bahwa level PSM UNDIP di dunia paduan suara internasional patut diperhitungkan. Di bawah arahan music director sekaligus conductor Jeffry Franklin Bode, PSM UNDIP mampu menunjukan kualitas prima dari para penyanyi dihadapan para juri, meskipun semua penyanyi adalah mahasiswa dengan variasi tahun dan kesibukan perkuliahan yang berbeda karena mereka berasal dar fakultas yang berbeda – beda di UNDIP.

psm-1

Adapun pada minggu terakhir Oktober 2016 ini, tim PSM UNDIP akan bertolak ke Praha, Republik Ceko untuk mengikuti kompetisi paduan suara berikutnya, yaitu Praga Cantat 30th International Choir Competition. Semoga prestasi kembali dapat diraih oleh tim PSM UNDIP, untuk Universitas Diponegoro, untuk Republik Indonesia.

 (Febriyanto, alumni Gizi Undip & alumni PSM Undip )