Reuni UNDIP : Pada tanggal 16 Oktober 2016 pukul 22.00 tim Paduan Mahasiswa Universitas Diponegoro dengan didampingi oleh 2 (dua) dosen pembina ibu Nanik dan Bapak Bagoes berangkat meninggalkan tanah air untuk membawa nama Undip dan Indonesia di 2 perhelatan internasional, yaitu 5th Canta Al Mar 2016 Festival Coral Internacional, Barcelona, Spain & 30th Praga Cantat International Choir Competition and Festival,Prague, Czech Republic. Mereka akan berada di benua Eropa untuk berkompetisi mulai tanggal 19 – 30 OKtober 2016.

Pada 2 kompetisi tersebut tim PSM UNDIP yang menamakan dirinya sebagai Diponegoro University Choir akan mengikuti beberapa kategori yaitu Mixed Choirs Difficulty Level 1, Sacred Choral Music A Capella, Folklore, Category C-Mixed Choirs, dan Category F-Folksong. Dengan arahan conductor Jeffry Franklin Bode, mereka telah mempersiapkan seluruh materi lomba ini sejak awal tahun 2016 sehingga secara mental, kemampuan para penyanyi sudah sangat teruji. Adapun sebagai salah satu uji coba panggung, tim PSM UNDIP juga telah menyelenggarakan konser pra kompetisi dengan tajuk Sing Forever pada tanggal 8 Oktober 2016 yang lalu di Semarang, dimana mereka mengalunkan nada – nada Indah mereka dalam ruangan teater akustik dengan ditonton oleh para pecinta Paduan Suara di Semarang dan sekitarnya. Dalam konser itu pula, mereka mendapatkan support langsung dari Rektor Universitas Diponegoro, Prof. Yos Johan.

Prestasi yang pernah ditorehkan oleh tim PSM UNDIP juga tidak main – main, berbagai penghargaan telah mereka ukir baik di level regional, nasional, hingga internasional. Beberapa diantaranya adalah penghargaan berkompetisi di Vietnam (2011), Guangzhou (2012), Korea (2013), dan Italia (2014). Semoga dalam kompetisi dan Spanyol dan Republik Ceko ini, pada Diponegoro Muda ini dapat membawa harum kembali nama Universitas Diponegoro dan Indonesia di kancah internasional.

(Febriyanto, alumni Gizi Undip & alumni PSM Undip )