Reuni UNDIP : “Kerja keras dan semangat belajar merupakan kunci menuju kesuksesan. Setiap insan yang bekerja keras dan semangat belajar akan mampu memenangkan persaingan global,” tegas Nasir Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) Mohamad Nasir kala memberikan orasinya dalam Pembukaan Orientasi Diponegoro Muda, Minggu (14/8) di Stadion Universitas Diponegoro (Undip) Tembalang. Acara ini diikuti oleh seluruh mahasiswa baru angkatan 2016. Acara ini dihadiri oleh Rektor Undip Yos Johan Utama, para Wakil Rektor Undip, Perwakilan Pemerintah Kota Semarang, Alumni Undip, para Dekan dan Wakil Dekan dari seluruh Fakultas Undip.

Nasir menjelaskan Undip merupakan salah satu Perguruan Tinggi ternama di Indonesia dan termasuk dalam World Class University. Tak heran, banyak pos-pos pejabat tinggi Indonesia yang diisi oleh alumni Undip. “Berbanggalah untuk menjadi bagian dari kampus pencetak pemimpin Bangsa. Anda adalah putra-putri Indonesia terpilih yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. Oleh karena itu, belajarlah dengan tekun agar suatu saat nanti salah satu dari kalian dapat menjadi kader-kader bangsa yang dapat membangun Indonesia lebih maju,” ujar Nasir.

Sejak diresmikan pada 31 Desember 2015 dan berlaku sejak awal tahun 2016, Indonesia telah memasuki era persaingan global (ASEAN Economic Community/MEA). Setiap sektor kegiatan masyarakat akan bebas diikuti oleh masyarakat dari luar Indonesia yang tak kalah berprestasi, seperti dalam bidang pendidikan, kesehatan, pariwisata, dan ekonomi. Indonesia yang kaya akan sumber daya alam haruslah dikelola oleh sumber daya manusia yang berkulitas dan mumpuni agar dapat memampukan Indonesia bersaing secara global.

“Sebagai mahasiswa yang masuk dalam Perguruan Tinggi kelas dunia, kalian memiliki peluang besar untuk mendominasi pasar ASEAN. Maka, Anda harus aktif belajar dan selalu mengembangkan minat, bakat, dan ilmu pengetahuan setiap hari,” pesan Nasir kepada mahasiswa baru dengan semangat.

Sementara itu, Nasir juga menyampaikan bahwa Negara akan selalu hadir untuk mendukung putra dan putri Indonesia yang berprestasi dengan memfasilitasinya melalui beasiswa. Dengan begitu, potensi yang dimiliki mahasiswa dapat tersalurkan. “Saya berharap agar Undip dapat mencetak lulusan-lulusan muda berkualitas yang berpotensi besar untuk bersaing di dunia global. Caranya adalah dengan kerja keras, belajar dengan rajin, memiliki visi global dan berdedikasi tinggi untuk negeri,” tutup Nasir.

Sumber : http://ristekdikti.go.id/