Reuni UNDIP ā€“ Demak : Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip meresmikan kandang ayam Closed House akhir pekan lalu.

Kandang Ayam kerjasama antara FPP Undip dan PT Medion menggunakan sistem closed house (kandang tertutup) untuk menjamin keamanan secara biologi.

Dekan FPP Undip, Prof Moh Arifin menjelaskan bahwa tujuan membangun kandang ayam closed house adalah untuk menyediakan udara yang sehat bagi ternak ayam yaitu udara yang menghadirkan sebanyak-banyaknya oksigen dan mengeluarkan sesegera mungkin gas-gas berbahaya seperti karbondioksida dan amonia.

“Selain itu, juga untuk menyediakan iklim yang nyaman bagi ternak ayam dengan menggunakan kipas angin (blower) untuk chilling effect (angin berhembus) untuk menciptakan iklim sejuk,” jelas Arifin dalm press release, Rabu (1/2/2017).

Apabila suhu mulai panas ada 5 buah kipas yang akan otomatis menyala sendiri. Dengan begitu, kandang closed house dapat meminimalkan tingkat stres pada ternak.

Di lain sisi, Perwakilan dari PT Medion, Pitria meyampaikan pula bahwa sudah ada 71 orang alumni Undip yang berkarya di perusahaannya dan 41 orang diantaranya adalah lulusan Fakultas Peternakan Undip, sisanya ada dari Fakultas Hukum, Teknik Elektro, dan Pertanian.

Produk dari perusahaan tersebut yang terkenal antara lain vaksin ternak, vaksin/obat herbal, pemanas gas, peralatan ternak dan bisnis restoran seperti nugget dan bakso.

“Dari kerjasama ini adalah sebagian dari hasil usaha akan dialokasikan untuk bantuan beasiswa mahasiswa,” timpalnya. (*)

Sumber : TRIBUNJATENG.COM