Reuni UNDIP – Jakarta : Direktur Komersial PT Semen Padang Pudjo Suseno dipercaya memimpin Ikatan Keluarga Alumni Universitas Diponegoro (IKA Undip) Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Sumatera Barat (Sumbar) untuk masa bakti empat tahun, 2017-2021.

Pengukuhan Pudjo Suseno dilakukan di Wisma Indarung pada Jumat (20/1) yang dilantik langsung oleh Ketua Umum DPP IKA Undip Maryono yang juga direktur utama BTN. Pelantikan ini berdasarkan Surat Keputusan Nomor 01/dpp/ 2017/tentang Personalia. “Ikatan alumni Undip Sumatera Barat merupakan DPD ke- 18 di Indonesia. Dengan ada kepengurusan ini, diharapkan bisa berinisiatif, bermandiri, dan membantu pemerintah daerah Sumatera Barat terhadap apa-apa yang dibutuhkan oleh daerah sehingga bisa berkontribusi untuk pembangunan,” kata Maryono dalam siaran persnya kemarin.

Dia mengatakan, pengurus DPD IKA Undip berasal dari kalangan intelektual yang telah menyelesaikan jenjang pendidikan, baik S-1, S-2, dan pendidikan lainnya. Ketua DPD Pengurus IKA Undip Sumbar Pudjo Suseno berharap dengan ada ikatan alumni ini bisa sebagai sarana untuk mengenal satu sama lain dengan alumni Undip yang ada di Sumbar. “Dengan ada ikatan ini, ada sesuatu yang akan kita sumbangkan untuk Sumbar sehingga bisa membantu dan berkontribusi terhadap pemerintahan yang ada di Sumatera Barat,” tuturnya.

Saat ini jumlah alumni Undip di Sumbar yang terdata sekitar 50 orang dan pihaknya bersama jajaran pengurus lainnya akan terus melakukan pendataan. Pihaknya akan segera melakukan rapat kerja untuk menentukan program kerja selama empat tahun ke depan. “Untuk jangka pendek kita akan mengurus izin pelaksanaan ujian masuk Undip di Sumatera Barat bagi calon mahasiswa yang ingin kuliah di Semarang. Hal itu dilakukan untuk memudahkan calon mahasiswa yang ingin kuliah di sana,” katanya.

Pihaknya akan meminta izin ketua umum DPP dan rektor untuk melakukan ujian masuk di Sumbar. Teknisnya, mahasiswa mendaftar dari Sumbar secara online dan tes dilakukan di Sumbar sehingga menghemat biaya dan waktu. “Hal ini direncanakan dilakukan untuk calon mahasiswa S-1 yang akan dimulai dilakukan tahun ajaran ini,” sebutnya.

Proses izin dan pengurusan administrasi untuk rencana ini sudah berjalan 80%. Untuk teknisnya, pihaknya akan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di Sumbar dan tempat pelaksanaannya akan disesuaikan,” jelasnya.

Sumber : koran-sindo.com