Reuni UNDIP : Kemping?! Mungkin ini tidak seperti kemping yg dibayangkan sebelumnya, yang harus ribet pasang tenda dan masak-masak seperti kemping pada umumnya.

Kemping di BSP Farm ini bisa dibilang layaknya liburan di hotel berbintang. Ya, begitu rombongan kami sampai di BSP Farm,Cigombong, Bogor kami disambut oleh Para petugas BSP Farm yang sangat ramah, begitu masuk pekarangan kita sudah bisa melihat tenda-tenda manis sudah terpasang dengan rapi yang didalamnya terdapat kasur empuk, sudah terbayang akan tidur dengan nyenyak saat tidur di dalam tenda… hehe..

Meja makan dihias manis dengan lampu-lampu yang tergantung cantik, makanan juga tak henti-hentinya datang, sepertinya tim dari BSP memastikan bahwa rombongan kami tidak boleh kelaparan, bahkan makanan yang disediakan justru berlebih, contohnya saja waktu kami datang kami disambut dengan minuman sehat yang menurut saya sendiri rasanya luar biasa enak, belum lagi ditambah dengan gorengan singkong, pisang dan masih banyak lagi makanan yang disiapkan. Jangan khawatir, makanan tidak disiapkan saat kami baru datang saja, tapi untuk makan besar juga disiapkan, makan malam, makan tengah malam saat acara api unggun seperti jagung bakar, singkong bakar, teh hangat, kopi dan minuman lainnya juga lengkap dan sarapan untuk esok harinya. Benar-benar kami hanya menikmati pemandangan tanpa harus repot kan?! hehe…

Keesokan paginya kami bersiap untuk menikmati suasana pagi dikebun teh, berjalan agak lumayan jauh dan menanjak sedikit cukup melelahkan memang, sepanjang perjalanan menuju kebun teh kami dikelilingi perkebunan kopi yang tak kalah menarik, dan ketika sampai ditujuan rasanya ga pernah rugi untuk menikmati detik-detik terbitnya matahari berlama-lama, pemandangan alam yang menakjubkan.

Selesai menikmati sunrise kami lanjut untuk sarapan, dan kamipun segera bersiap untuk berjalan lagi, kali ini agak sedikit kebawah untuk pergi ke Hutan Pinus Kaki Gunung Salak, melewati jembatan kayu, dan anak sungai yang airnya jernih. Tibanya kami di hutan pinus, kami melihat banyak sekali kelompok-kelompok anak muda yang juga kemping, dan pasang hammock. Ga mau kalah rombongan kamipun ikut pasang hammock dan bersantai di hutan pinus ini.

Setelah selesai dari hutan pinus, kami kembali ke BSP Farm, untuk melihat perkebunan yang mereka miliki. Woowww…. banyak sekali tanaman yang mereka miliki, segala macam sayur-sayuran semua ada, bahkan bibit tanamanpun mereka punya. Jika kita berminat kita bisa membeli sayur-sayuran dan bibit tanaman di BSP Farm ini, tentunya dengan harga yang bervariasi. Sayang sekali kami pergi menggunakan kereta api, jadi tidak memungkinkan kami membeli bibit-bibit sayuran atau tanaman-tanaman ini. Jika ada yang suka bercocok tanam diantara kalian, bisa loh langsung belajar, petugasnya sangat ramah dan sangat antusias menjawab semua pertanyaan.

Reservasi dan info lainnya mengenai BSP Farm, bisa dilihat langsung di website www.bspagrotourism.com