Reuni UNDIP : PT Barokah Marine bakal segera mewujudkan mimpi untuk membangun kapal strategis bersama Universitas Diponegoro (Undip) di Teluk Awur, Jepara.

Direktur Utama PT Barokah Marine, Agus Tri Harsito memaparkan konsep Marine Science Techno Park (MSTP) yang akan dikembangkan di atas lahan 32 hektare tersebut.

Lokasi itu mencakup budidaya kelautan, keamanan, wisata maritim, pendidikan kelautan dan industri maritim strategis.

“Lahan yang telah disiapkan di teluk awur Jepara nantinya akan menjadi pengembangan kawasan maritim yang strategis,” jelas dia dalam siaran persnya saat Dies Natalis ke 59 Undip di Gedung Prof Sudarto, Sabtu (15/10/2016).

Pada kesempatan tersebut, Agus Triharsito secara detail mempresentasikan keunggulan kapal paralon dihadapan Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang turut hadir dalam kegiatan itu.
Bahkan tanpa diduga, Jusuf Kalla yang penasaran. Langsung mengambil sendiri dua buah buku yang memuat konsep kapal paralon secara lengkap dan proposal kapal peralon.

Selain itu Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek dan Dikti) M Nasir, juga turut hadir pada acara tersebut.

Menurut Agus kapal paralon inilah yang akan mendukung pemerintah memerangi praktek transhipment dan menjadi solusi kapal nelayan yang menggunakan cantrang.

“Sehingga nantinya nelayan Indonesia tidak ada yang melanggar hukum dan menjadi mitra pemerintah dalam menyukseskan program kemandirian bangsa di sektor maritim,” jelas dia. (raf)

sumber : tribunnews