Reuni UNDIP – Semarang : Tidak hanya sebagai kampus, ternyata di kawasan Undip Tembalang terdapat juga tempat wisata tersembunyi. Lokasinya tidak jauh dari pusat universitas, searah dengan stadion Universitas Diponegoro.

Kawasan tersebut dinamakan Waduk Pendidikan Diponegoro. Gerbang masuknya cukup besar sehingga tidak membingungkan pengunjung yang datang.

Sejak dibangun pada 2013 lalu, kawasan waduk ramai dikunjungi terutama saat sore hari. Saat sore hari, banyak dijumpai pengunjung yang melakukan jogging, memancing atau sekedar menikmati sore dengan duduk santai di pinggiran waduk.

Selain waduk yang memiliki daya tamping genangan air normal mencapai 13.500 persegi dengan luas daerah tangkapan air mencapai 10,24 meter persegi tersebut, daya tarik lain dari kawasan Waduk Diponegoro ialah keberadaan gardu pandang undip.

Gardu pandang undip memiliki bentuk seperti rumah kaca dengan kombinasi warna putih dan merah.

Dari lokasi gardu pandang, luas wilayah waduk bisa terlihat seluruhnya. Selain sebagai area untuk melihat pemandangan waduk, kini gardu pandang juga jadi salah satu spot berfoto favorit.

Seperti yang dilakukan, Ellen Saufika. Mahasiswi Universitas Diponegoro ini mengaku menjadikan gardu pandang spot berfoto tertarik dengan tempat dan warnanya..

“Awalnya liat dari instagram. Karena penasaran, akhirnya coba foto disana. Yang bikin tertarik sih selain tempatnya yang bagus itu warnanya yang dominan putih, karena memang sudah sering foto di gedung atau tempat yang dominan putih,” ujar Mahasiswi jurusan Administrasi Bisnis ini.

Tidak hanya Ellen, banyak pengunjung lain yang juga berfoto dengan latar belakang Gardu Pandang Undip. Salah satunya Samsul Aripin. Menurutnya, pemandangan yang terlihat dari gardu pandang bagus untuk dijadikan objek foto

“Gardu pandangnya bagus buat jadi background foto, sementara dari gardu pandang pemandangan ke waduknya juga keren,” tutur pria penggemar fotografi ini.

Selain pemandangan, suasana saat sore hari masih terbilang asri dan cukup sejuk. Meski tetap terdengar suara kendaraan bermotor, kondisi waduk cukup tenang dan nyaman untuk menghabiskan waktu di sore hari

Sumber : Tribun Jateng-